Instron

Sejarah Instron

Didirikan pada tahun 1946, Instron memproduksi instrument pengujian material, sistem, dan aksesoris, memberikan Anda solusi yang komprehensif untuk semua penelitian anda, kualitas danlayanan kebutuhan pengujian. Mesin-mesin kami mengevaluasi sifat mekanik bahan/material dan komponen menggunakan Uji Tarik (tensile Testing) , Uji Tekan (Compression Testing),  Fatigue, Impact, Torsion dan Uji kekerasan (Hardness testing). Kami menawarkan berbagai kemampuan layanan, termasuk kalibrasi, pelatihan, dukungan teknis, dan bantuan dengan manajemen laboratorium

Silahkan kunjungi website resmi INSTRON di http://www.Instron.com untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai produk-produk Universal Testing Machine (UTM) dari Instron.

Produk Instron

1.  Sistem Elektromekanik

Mesin pengujian universal elektromekanik (Electromechanical Universal Testing Machine) paling sering digunakan untuk pengujian statik dalam uji tarik atau uji tekan dalam kerangka tunggal (single frame).  Jenis pengujian lain yang bisa dilakukan termasuk uji tarik, uji tekan, uji geser,uji  lentur, uji kupas, uji sobek, siklik sederhana, dan uji patah. Kapasitas untuk sistem ini berkisar dari beban terendah 0,5 kN  atau 50 kgf (112 lbf) hingga kapasitas tinggi 600 kN atau 60 Ton (135.000 lbf). Sistem ini sering dikonfigurasi untuk pengujian otomatis. Selain peralatan pengujian, persiapan spesimen merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika mengevaluasi hasil pengulangan. Spesimen dengan goresan, bekas potongan, dan tepian yang tidak paralel akan berdampak buruk pada pengulangan hasil. Mesin CEAST berongga Die Punch  adalah solusi ideal untuk memproduksi spesimen sempurna dalam waktu yang tepat.

Produk Instron yang menggunakan Sistem Statik Elektromekanik

a. Instron Seri 3300

Instron ® Seri 3300 merupakan sistem pengujian mekanik yang memberikan kesederhanaan, kinerja, dan keterjangkauan yang diperlukan untuk pengendalian mutu dan pengujian produk. Dari pekerjaan rutin standar, pengujian QC hingga tujuan umum mekanik, keluarga 3300 adalah solusi terjangkau Instron untuk laboratorium modern.
Penggunaan yang paling umum dari sistem ini adalah untuk pengujian tarik dan uji tekan secara mekanik, namun instron 3300 juga bisa digunakan untuk uji patah, uji kupas, uji  geser, uji gesek dan uji siklik. Ada 3 Jenis Instron 3300 yaitu  Single Column 3340 untuk low-force pengujian 0,5 kN (50 kgf) hingga      5 kN (500 kgf) , sedangkan Sistem 3360 Table Double Column  untuk  pengujian mid -range dari 5 kN (500kgf) sampai dengan 50kN (5 ton), dan Sistem 3380  model lantai untuk tugas berat, kapasitas pengujian dari 100 kN (10 ton) hingga 600kN (60 ton).
Instron 3300 Series untuk Uji tarik, Uji tekan dll.

Instron 3300 Series untuk Uji tarik, Uji tekan, Uji geser dll.

b. Instron Seri 5900

Instron Seri 5900  merupakan UTM yang menawarkan kinerja yang luar biasa dan dirancang dengan perangkat tambahan yang memberikan akurasi yang lebih tinggi, peningkatan ergonomik mesin dan peningkatan keseluruhan  pengalaman untuk operator. Penggunaan yang paling umum dari sistem ini adalah untuk pengujian mekanik tarik dan uji tekan, namun mereka juga melakukan uji patah, uji kupas, uji  geser, uji gesek dan uji siklik. Jenis frame mencakup Single Frame 5940 untuk low-force pengujian 0,5 kN hingga 2 kN atau 200 kgf, sedangkan Sistem 5960 Table Double Frame  untuk  pengujian mid -range sampai dengan 50kN atau 5 ton, dan Sistem 5980  model lantai untuk tugas berat, kapasitas pengujian hingga 600kN atau 60 ton. Seri 5900 memiliki Panel kontrol yang merupakan komponen integral dari sistem pengujian,berfungsi untuk  mengatur waktu dan meningkatkan efisiensi pengujian. Pengujian dapat diatur dan dijalankan langsung dari panel kontrol.
Software yang digunakan adalah software BlueHill 3, dimana Bluehill ® 3 adalah versi terbaru dari Perangkat Lunak Bluehill yang populer, Software yang mengandung perangkat tambahan dan fitur yang dirancang khusus dengan pengguna akhir. Dari perbaikan navigasi dan membantu sistem untuk perhitungan, fleksibilitas dan analisis data rutin. Bluehill 3 memenuhi tuntutan dari setiap tingkat pengguna dari pendidik dan teknisi, tes untuk insinyur kualitas dan manajer laboratorium. Bluehill 3 adalah kompatibel dengan sistem Pengujian Instron 5900 Series.
Instron 5900 series for Research n Development Grade

Instron 5900 series for Research n Development Grade

Leave a comment